Informasi

Dampak Karang Gigi Lepas Sendiri

Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras karena tidak dibersihkan dengan baik. Biasanya plak gigi ini muncul akibat sisa makanan atau minuman yang menempel pada sela-sela gigi. Tentunya karang gigi ini berbeda dengan plak gigi dan tidak bisa dihilangkan secara mudah hanya dengan menyikat gigi saja.

Oleh sebab itu sebaiknya anda memperhatikan kesehatan gigi dan mulut, setidaknya anda harus menyikat gigi secara rutin setiap harinya 2 sampai 3 kali sehari. Sikat gigi pada pagi hari sebelum menjalankan aktivitas, setelah makan dan pada malam hari sebelum tidur. Oleh sebab itu pentingnya bagi anda merawat keseahatan gigi dan mulut agar terhindar dari karang gigi.

Apa Dampak Karang Gigi Lepas Sendiri?

Gigi goyang

Salah satu dampak karang gigi lepas sendiri adalah gigi menjadi bergoyang. Perekatan tulang terhadap gigi akan menghilang karena adanya karang gigi yang tumbuh terlalu besar. Nah pada saat karang gigi terlepas sendiri, kestabilan gigi akan menjadi terganggu dan kehilangan keseimbangan sehingga gigi mudah goyang

Gusi sensitif dan mudah berdarah

Memang karang gigi yang terlalu besar dapat menutupi sela-sela gigi. Akan tetapi jika sudah terlepas bagian yang sebelumnya tertutup akan terlihat. Maka tidak heran jika gusi menjadi sangat sensitif dan mudah berdarah. Parahnya lagi, kondisi tersebut juga bisa menimbulkan rasa nyilu. Hal ini disebabkan karena area leher gigi memiliki banyak saraf.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Flossing Gigi

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan karang gigi adalah flossing gigi. Cara ini dilakukan untuk membersihkan plak yang menempel pada gigi menggunakan benang. Anda bisa melakukannya setelah selesai menggosok gigi, dengan menggunakan benang bertujuan untuk merontokkan sisa makanan maupun plak yang tersangkalut pada sela-sela gigi.

Cara ini memang sangat efektif karena dapat membersihkan sisa makanan yang sulit dijangkau ketika menggosok gosok gigi. Meski demikian anda harus berhati-hati agar tidak mengenai gusi, jika tidak gusi bisa berdarah karena terkena gesekan benang saat membersihkan plak.

Scaling di Dokter Gigi

Karang gigi muncul karena tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut. Biasanya sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi tidak akan langsung menjadi karang gigi jika langsung dibersihkan. Akan tetapi banyak orang yang malas menggosok gigi setelah makan, sehingga sisa makanan menumpuk menjadi plak dan mengeras menjadi karang gigi.

Apabila sudah sepeti itu, tentunya karang gigi yang muncul sudah parah dan tidak bisa dibersihkan dengan cara biasa seperti menyikat gigi. Anda harus berkonsultasi dan mengunjungi dokter gigi yang sudah ahli pada bidangnya. Dokter akan melihat tingkat keparahan karang gigi dan akan memberikan penanganan dengan tepat.

Biasanya dokter akan menggunakan peralatan khusus yang sudah canggih dan modern. Seperti ultrasonic scaler yang dapat merontokkan karang gigi degan mudah yang menempel pada bagian barisan gusi maupun sela-sela gigi. Proses pembersihan sebenarnya tidak berlangsung lama tergantung tingkat keparahannya. Jika semakin keras dan tebal, maka proses pembersihannya akan lebih lama.

Karang gigi memang menjadi permasalahan yang sering mengganggu, oleh sebab itu anda harus rutin menyikat gigi setiap hari. Pepsodent merupakan pasta gigi yang sangat populer dikalangan masyarakat.

Dengan menggunakan produk ini akan membuat sisa makanan dan minuman yang menempel bersih dengan sempurna. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menggunakan pasta gigi ini secara rutin. Sehingga kesehatan gigi dan mulut anda tetap terjaga, gigi menjadi lebih bersih, putih dan terhindar dari gigi berlubang.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *